santi
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengenal Search Engine

Teknologi yang semakin maju membuat membuat kita sebagai manusia harus mengikuti jaman dikarenakan dengan suatu  teknologi yang semakin canggih maka kitapun dituntut untuk mengerti. Untuk dapat mengerti tentang sutu teknologi tidaklah mudah sehigga kuta harus belajar seperti dalam dunia pendidikan. Tapi untuk mempelajari suatu teknologi biasanya tidak melalui pendidikan formal karena banyak orang yang lebih memilih untuk mencari itu semuanya sendiri. Salah satu teknologi yang telah ada dan sangat terkenal yaitu adalah google, semua siswa, mahasiswa hingga orang awam pun pasti telah mendengar dan mengenal yang namanya google. Google akan ditemui setelah kita menyambungkan komputer kedalam internet.
Search engine adalah aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa dalam bidang internet. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine. Search engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Ada beberapa macam search engine yang sering digunakan diantaranya : Google (www.google.com), Yahoo (www.yahoo.com), Allthweb (www.alltheweb.com), MSN (http://search.msn.com), AskJeeves (http://www.ask.com), AltaVista (www.altavista.com), dan Lycos (http://www.lycos.com).
Untuk Google, selain untuk pencarian web, google juga menyediakan jasa pencarian gambar, berita serta arsip USENET (newsgroup), serta direktori seperti Yahoo!. Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Sedangkan keunggulan dari google ini yaitu pada pencarian teks, terutama algoritma PageRank, databasenya yang besar serta banyak jenis file yang diindeksnya. Dalam mencari google juga mudah dan cukup cepat, juga lebih canggih, dan tampilan yang disediakan cukup sederhana. Sehingga memudahkan kita untuk mencari suatu informasi yang kita butuhkan. Dalam google juga nisa mencari gambar yang unik dan menarik. Tetapi biasanya selalu ada iklan yang tidak diperlukan, hingga sedikit mempengaruhi juga untuk mendapatkan informasi yang diinginkan oleh kita.
Sedangkan untuk Yahoo, banyak orang yang menggunakan yahoo dengan berbagai alsan seperti untuk membuat email perusahaan dsb. Yahoo juga salah satu portal yang terbesar di internet dan juga salah satu mesin pencari tertua yang masih digunakan higga sekarang. Dalam yahoo bisa digunakan untuk mengirim dan menerima surat secara online sehingga tidak perlu berlama-lama untuk mendapatkan surat balasan dari klien. ,
Untuk Altheweb yaitu untuk pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video.  Sebenarnya web lebih ditujukan untuk teks, tapi sejauh ini hanya Alltheweb yang menyediakan jasa pencarian web. Memiliki tampulan sederhana seperti tampilan google dan langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Situs searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga yang populer setelah google dan yahoo. MSN menyediakan pencarian peta, yellow pages, pencarian kerja, rumah, dan mampu mencari video, musik, gambar, dan format file spesial lainnya. Biasanya sulit untuk membedakan antara iklan dan bukan iklan.
AskJeeves yaitu situs mesin pencari yang mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Kita bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini sangat berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan.
Untuk Alta Vista yang pernah menjadi mesin pencari terbesar. Tapi saat ini, menawarkan pencarian audio dan video. Situs ini memiliki pilihan yang paling lengkap diantara semua mesin pencari. Mampu mencari berita yang paling aktual sehingga dapat memberikan informasi yang tepat. Tapi, suka menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
Lycos yaitu salah satu mesin pencari tertua yang lebih dikenal dengan portal, sehingga memiliki fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Situs ini juga mampu mencari data dengan cepat, sehingga tidak usah menunggu lterlalu lama karena itu suatu hal yang sangat membosankan.
Dari berbagai banyak situs search engine, pasti ada salah satu atau mungkin beberapa situs yang pernah anda kunjungi. Sehingga tanpa sengaja anda telah mengetahui apa itu search engine yang didalamnya memiliki banyak situs yang sering dijumpai oleh masyarakat. Banyak perusahaan yang menggunakan beberapa situs yang ada untuk mempromosikan perusahaannya supaya dapat diketahui oleh masyarakat.
Diambil dari http://tirta-ilmu.blogspot.com/2012/03/pengertian-search-engine.html.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 21 Oktober 12 - 22:27 WIB
Dalam Kategori : SEARCH, ENGINE
Dibaca sebanyak : 1334 Kali
Facebook Feedback