santi
Blog Universitas Komputer Indonesia

Konvergensi Media dalam Public Relation

Teknologi yang semakin cepat berkembang dikalangan manusia, sehingga manusiapun serasa dikejar-kejar oleh teknologi yang semakin canggih. Saat ini manusia tidak jauh-jauh dari teknologi, dan sejak dini sudah banyak yang mengerti mengenai teknologi. Salah satu contohnya yaitu telepon genggam atau sering dikenal dengan sebutan handphone, bahkan hampir setiap orang memiliki sebuah handphone atau lebih dari satu.
 
Saat ini gerakan konvergensi media tumbuh berkat adanya kemajuan teknologi, khususnya sejak munculnya Internet. Konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda misalnya, komputer, televisi, radio, dan suratkabar ke dalam sebuah media tunggal. Pada awalnya satu benda hanya berfungsi untuk satu saja tapi saat ini tidak berlaku lagi, karena satu benda dapat memiliki banyak fungsi. Salah satu contohnya yaitu sebuah handphone, dimana satu barang memiliki banyak fungsi seperti untuk menelepon, menonton tv, mendengarkan musik, dapat mengambil gambar/foto, bahkan bisa internetan.
 
Kehidupan manusia dikelilingi oleh teknologi, jadi dalam keseharian pun pasti tidak jauh dari manfaat adanya konvergensi media karena semakin memudahkan untuk berinteraksi dengan yang lain tanpa harus bersusah-payah kemana-mana. Hanya denga satu barang tapi memiliki banyak fungsi, itulah yang saat ini banyak diminati oleh para manusia.
Dalam kehidupan Public Relation dapat memanfaatkan adanya konvergensi media ini karena dapat membantu untuk melaksanakan tugas maupun kegiatan seorang Public Relation. Saat akan menyiarkan sesuatu maupun akan diadakannya konferensi pers suatu konvergensi dapat menyampaikan berita, juga dapat menghadirkan informasi mapun hiburan.
 
Konvergensi media dapat memungkinkan Public Relation untuk berinteraksi dengan media massa bahkan dapat pula mengisi konten dalam media massa. Public Relation juga dapat mengntrol kapanpun dan dimanapun untuk mengakses serta berhubungan dengan informasi.
Public Relation juga harus dapat bekerjasama dengan jurnalis karena jurnalisme konvergensi dapat membantu tugas dan kerjasama kita sebagai seorang Public Relation, selain itu Jurnalisme konvergensi melibatkan kerjasama antara jurnalis media cetak, media siar, dan media Web (online) untuk menghasilkan berita terbaik yang dimungkinkan, dengan menggunakan berbagai sistem penyampaian (delivery).
 
Dengan adanya konvergensi media dapat membantu kita sebagai manusia khususnya untuk seorang Public Relation tapi ada sisi buruknya juga yaitu bisa memudarnya media lama seperti papan pengumuman (mading), media cetak, dan media siar. Dan perkembangan media baru yang akan berlangsung lama dan dinamis.
Dalam perubahan apapun dapat memiliki nilai baik itu positif maupun negatif ibarat dua sisi mata uang yang akan terus berdampingan. Kita harus dapat memanfaatkan apapun yang akan terjadi dihari kemudian. Karena tanpa disangka-sangka semakin hari teknologi akan semakin canggih dan kita harus dapat memahami itu semua sebagai sebuah kebutuhan, karena persaingan akan semakin ketat. Sehingga mau atau tidak perubahan akan terjadi kapanpun dan dimanapun.
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 02 Desember 12 - 21:46 WIB
Dalam Kategori : KONVERGENSI, MEDIA, PUBLIC, RELATION
Dibaca sebanyak : 561 Kali
Facebook Feedback